Mitsubishi Ajak Jurnalis, Blogger dan Komunitas Berkunjung ke Pabrik Kendaraannya di Indonesia

| 07 February 2018

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC), mengajak jurnalis media massa nasional, blogger dan komunitas pecinta model kendaraan Mitsubishi untuk mengunjungi pabrik perakitan Mitsubishi Motors di Indonesia yaitu PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) yang terletak di kawasan industry GIIC Deltamas, Bekasi, Jawa Barat.

Kegiatan ini bertujuan untuk menunjukkan fasilitas dan proses produksi yang dilakukan di pabrik yang baru saja diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, pada April 2017 yang lalu, yang secara perdana telah memproduksi Mitsubishi XPANDER serta PAJERO SPORT, kendaraan andalan Mitsubishi di Indonesia. Selain itu, kunjungan ini  diharapkan dapat memberikan informasi yang bermanfaat tentang proses produksi XPANDER sebagai small Multi Purpose Vehicle (MPV) yang sangat populer saat ini, dengan segala standar kualitas global yang diaplikasikan dalam setiap langkah perakitannya.

Pada kegiatan ini jurnalis, blogger dan komunitas berkesempatan untuk melihat secara langsung keseluruhan tahap pembuatan mobil impian keluarga Indonesia yang dirakit dan dipasarkan di Indonesia, dimana pada tiap prosesnya menggunakan peralatan-peralatan modern berteknologi tinggi, penuh dengan ketelitian dan akurasi, untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi yang dapat diandalkan.

Hingga saat ini tercatat setidaknya sudah dua model kendaraan Mitsubishi yang diproduksi pada fasilitas ini: XPANDER dan PAJERO SPORT. Menyusul kemudian model COLT L-300 diharapkan juga dapat segera diproduksi pada fasilitas ini mulai tahun 2018.

Terkait dengan permintaan yang sangat tinggi akan Mitsubishi XPANDER sejak diperkenalkan pertama kalinya di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2017 pada Agustus 2017 lalu, yang hingga kini telah mencapai pemesanan lebih dari 50.000 unit, maka untuk memenuhi komitmen peningkatan pengiriman unit XPANDER kepada konsumen, saat ini MMKI telah meningkatkan total produksi XPANDER. Dalam kegiatan ini, para peserta plant tour akan berkesempatan melihat pelaksanaan produksi, yang tetap dilakukan secara teliti dan akurat guna memastikan kualitas terbaik kendaraan.

Sesuai rencana MMC, selanjutnya XPANDER yang diproduksi di fasilitas ini juga akan diekspor dan diluncurkan ke beberapa negara di ASEAN juga pasar lainnya, yang akan dimulai di tahun 2018. Filipina dan Thailand akan menjadi negara pertama yang akan segera menikmati kehadiran XPANDER.

Pada kesempatan ini jurnalis, blogger dan komunitas Mitsubishi juga berkesempatan mengikuti presentasi seputar model XPANDER yang disampaikan oleh Product Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia, Rifat Sungkar, serta  kesempatan test drive dan test ride pada rute yang khusus disiapkan pada area pabrik MMKI.

Dengan dilaksanakannya rangkaian kegiatan ini, diharapkan para peserta mendapatkan pengalaman menarik mengenai keseluruhan proses produksi berkualitas tinggi yang terdapat pada tiap kendaraan Mitsubishi yang diproduksi di Indonesia dan semakin yakin akan kualitas terbaik yang ditawarkan kepada konsumen di Indonesia, karena dibuat dengan standar global Mitsubishi Motors.

 

Tentang Pabrik PT. MMKI

  • MMKI terletak di kawasan GIIC Cikarang, dengan total luas area 51 hektar. Perusahaan ini telah dibangun sejak 2014, dengan seremoni ground breaking pabrik yang diselenggarakan pada 25 Maret 2015. Diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada 25 April 2017, yang sekaligus menandai awal produksinya. Dengan total nilai investasi sebesar Rp 7.5 Triliun Rupiah (sekitar 65 Milyar Yen). Mitsubishi Motors memiliki 51% saham, Mitsubishi Corporation dengan 40% dan Krama Yudha Group dengan 9% saham. Saat ini MMKI telah menyerap lebih sekitar 3.000 karyawan.
  • Kapasitas produksi MMKI adalah 160.000 unit/tahun, termasuk XPANDER sebesar 80.000 unit. Mitsubishi Motors memiliki komitmen tinggi untuk memenuhi permintaan konsumen di Indonesia dan peluncuran XPANDER untuk Negara ASEAN dan pasar lain tahun ini. Seluruh fasilitas pabrik Mitsubishi Motors secara ketat menjunjung tinggi standar kualitas keselamatan dan produksi global, dimanapun lokasinya. Hal yang sama juga diterapkan dalam memproduksi XPANDER berapapun jumlah pesanannya.

Pabrik kendaran MMKI mengusung “New Plant Concept” dengan dua poin utama, yakni High Quality & Reliable Products dan juga Environmentally Friendly:

  • High Quality and Reliable Products (produk berkualitas tinggi yang dapat diandalkan)

Pada aspek ini MMKI berkomitmen untuk menghasilkan produk kendaraan Mitsubishi berkualitas tinggi dan dapat diandalkan yang didukung dengan peralatan modern dan teknologi tinggi pada tiap prosesnya.

No.

 

Tahap/Proses

 

Teknologi Unggulan dan kelebihannya

 

1 Stamping Full Automated Press Line (Robot)

Menunjang produktivitas tinggi dapat melakukan 10 stroke per menit.

2 Welding Flexible Robotic Line for Various Model

Saat ini 1 line dapat melakukan proses welding untuk 1 model saja. Namun di masa yang akan datang, memungkinkan untuk menambah model lain karena fleksibel.

3 Painting –          Robotic  Spray Painting

Untuk kualitas tinggi dan efisiensi.

–          Energy Saving, 3 Coat 1 Bake.

Lebih efisien dan ramah lingkungan, dengan 3 Coat 1 Bake, sistem konvensional menggunakan 3 Coat 2 Bake.

4 Assembling –          Traceability (Barcode)

Dengan sistem barcode, dimungkinkan untuk melakukan pencarian parts yang sudah terpasang di mobil sehingga mudah dicek dan ditelusuri jika terjadi masalah.

–          Kit Supply System

Sistem ini mendukung kualitas untuk menghindari kesalahan pemasangan part atau kelalaian dari line operator.

–          Tatami Conveyor

Tatami Conveyor adalah struktur tanpa luban yang memudahkan untuk memperluas dan mengganti layout.

 

  • Enviroment Friendly Plant

MMKI merupakan pabrik yang ramah lingkungan, hal ini dibuktikan dengan melakukan upaya penghematan air tanah dengan melakukan daur ulang untuk air limbah,dan menggunakan air hujan dalam proses produksinya dengan proporsi daur ulang hingga 70%. Hal lain yang dilakukan untuk mencapai tujuan pabrik ramah lingkungan dilakukan dengan mereduksi emisi karbon dioksida melalui penghematan energi pada proses pengecatan dengan mengurangi proses oven dan Innovate Heat Pump Hot Water System, tentu saja tanpa mengurangi kualitas.  Selain itu, dalam taraf operasional dan konsep bangunan MMKI menganut “Omotenashi” ruang dengan kebijakan ramah lingkungan memaksimalkan penggunaan lampu LED dan juga cahaya matahari. Hal tersebut diyakini dapat mengurangi emisi hingga 11%.

 

Mitsubishi XPANDER Selling Points

XPANDER merupakan small-MPV unggulan Mitsubishi bertagline “Your Next Generation MPV” pertama kali diperkenalkan dalam debut global dan diproduksi di Indonesia pada gelaran GIIAS 2017 lalu, dan hingga saat ini telah memperoleh lebih dari 50.000 angka pemesanan kendaraan. XPANDER mengadopsi konsep utama sebagai berikut:

  • Desain yang atraktif, mengkombinasikan desain eksterior yang tangguh dan dinamis dengan interior yang modern, mewah dan lapang serta memiliki banyak fungsi dan kegunaan layaknya MPV masa depan. Hal ini antara lain didukung oleh Headlamp atraktif dan LED Position Lamp, Desain Dynamic Shield, serta Bodi Kuat dan Kokoh.
  • Ruang Kabin yang Lapang dan Nyaman, terbesar dikelasnya, sehingga menjadi kendaraan yang cocok untuk keluarga yang dilengkapi dengan Armrest fungsional, Kemudahan akses keluar-masuk, posisi duduk nyaman di semua baris, lantai bagasi yang dapat direbahkan tanpa celah serta ruang bagasi luas dan serbaguna.
  • Interior Fungsional, dengan tersedia banyak tempat penyimpanan serbaguna, kemudahan power outlet untuk semua baris, fleksibilitas pengaturan posisi mengemudi, sistem operasi keyless, serta sistem hiburan yang menunjang suasana kabin yang baik.

Kenyamanan dan Keamanan Berkendara, ditunjang dengan performa berkendara stabil dan nyaman, ruang kabin yang senyap, mesin bertenaga dan efisien dan beragam fitur kemananan yang terdapat di XPANDER.